TIPS – TIPS DALAM BELAJAR DAN MENGHADAPI UJIAN



Banyak siswa berpikir bahwa langkah pertama dalam belajar adalah membaca catatan dan buku teks . Saya yakin sebelum anda melakukannya , hal pertama yang anda lakukan adalah menetukan tujuan yang jelas tentang hasil yang anda inginkan . berapa nila A yang anda harapkan ?

Ini penting karena tujuan yang anda tetapkan akan menetukan cara anda belajar dan tentu
saja hasilnya ! Apakah jika anda menentukan nilai 100 dalam matematika , anda akan belajar dengan cara yang sangat berbeda daripada dengan anda bertujuan mendapatkan nilai 60 ? Tentu saja ! Ketika anda bertujuan mendapatkan nilai 100 , otak anda tahu bahwa tidak boleh ada kesalahan sedikit pun . Dengan demikian Anda akan mempelajari setiap poin yang berkaitan dengan silabus ! Hasilnya anda bisa mendapatkan nilai 100 atau paling tidak anda akan mendapat 90 atau lebih !
Namun, jika anda menetapkan tujuan 60 , otak anda tahu dapat mentolerir kesalahan sebanyak 40 . Dengan demikian anda tidak akan mempelajari semuanya , melewatkan beberapa bab yang tidak anda mengerti atau tidak sukai ! Hasilnya mungkin anda mendapatkan nilai 60 , kadang2 50 dengan susah payah atau bahkan gagal !
Hal yang lebih buruk lagi adalah jika anda tidak menetapkan tujuan , otak anda akan secara otomatis mengunci pada nilai terburuk . Itu bunuh diri !


Anda dapat menetapkan tujuan luar biasa yang anda inginkan . Namun Anda tidak akan dapat mencapainya tanpa perencanaan dan penjadwalan waktu yang akan menuntun anda untuk mengetahui kapan harus melakukan sesuatu .

Anda harus belajar bagaimana menciptakan rencana keseluruhan untuk mencapai tujuan dan bagaimana menguasai waktu dengan jadwal .


Setiap orang dapat menetapkan tujuan serta menyusun rencana dan jadwal . Namun hanya siswa yang mampu melakukan tindakan yang konsisten setiap harilah yang akan mendaptkan hasil yang baik . Anda harus bisa membaca buku teks , membuat catatan , dan mengulangnya setiap hari .

Sayangnya jika anda seperti kebanyakan pelajar lain , anda akan terjebak pada kemalasan dan penundaan setiap waktu . Kadang2 anda merasa tidak ingin belajar terutama setelah merasa buruk tentang sesuatu . Ketika anda duduk dan memutuskan akan memulai belajar , tak terasa ujian sudah tiba !

Note : 4. langkah berikutnya adalah penerapan strategi “Super Learning” akan saya posting beberapa minggu lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: